Cara Kerja Autofokus Pada Kamera

Diposkan oleh SUPERVELOCE Sunday, February 14, 2010

Autofokus merupakan fitur yang sudah umum terdapat pada kamera digital. Fitur ini bertujuan membantu meningkatkan kualitas foto yang diambil, baik dari kamera digital konvensional maupun dari kamera digital yang ada disebuah ponsel. Tapi, tahukah anda bagaimana cara kerjanya hingga mampu menjadikan hasil foto anda tampak lebih bagus?

Apa itu Autofokus?
Autofokus (AF) dapat disebut kemampuan fokus, sama halnya yang digunakan pada komputer untuk menjalankan sebuah motor mini sehingga lensa menjadi fokus pada objek yang diambil. Proses membuat fokus tersebut bekerja dengan membuat lensa bergerak maju atau mundur sehingga gambar objek yang diambil menjadi setajam mungkin ketika diproyeksikan pada lapisan film.
Pada kamera modern, autofocus merupakan fitur otomatis yang membuat pengambilan foto semudah mungkin. Fitur tersebut berisi:
-          - Film advance otomatis
-          - Flash otomatis
-          - Exposure otomatis

Terdapat dua sistem autofokus yaitu ‘aktif’ dan ‘pasif’. Beberapa kamera memiliki kombinasi dari kedua tipe tersebut tergantung harga dari kameranya. Umumnya, kamera murah menggunakan sistem aktif, sedangkan kamera mahal seperti SLR (single-lens-reflex) menggunakan kamera dengan sistem pasif.
Contoh foto yang fokus dan tidak fokus.
Foto Fokus:
 
Foto Tak Fokus (autofokus non aktif):


* Foto diambil dari Sony Ericsson C510

Related Post:

1 Responses to Cara Kerja Autofokus Pada Kamera

  1. Anonymous Says:
  2. Penting juga autofocus untk obyek kecil

     

Post a Comment

Daftar Isi