SIMFi: Kartu SIM ber-WiFi

Diposkan oleh SUPERVELOCE Monday, March 1, 2010

Apa kamu senasib dengan saya? Punya ponsel ber-3,5G, tapi tak pernah bisa nikmati kecepatan internet wuz wuuzz yang dijanjikan. Entah karena sinyalnya tak stabil, atau areanya memang belum tercakup layanan operatornya .Ingin pakai WiFi, tapi di ponsel tak ada fasilitasnya. Sebal? Pastiiii!!! Tapi tak lama lagi ada solusi yang keren: SIMFi.
Dari namanya tak sulit menebak bahwa SIMFi merupakan kartu SIM yang ditambahi integrasi WiFi. Ini hasil godokan Sagem Orga (yang sudah lama dikenal sebagai pembuat smart card) bersama Telefonica (salah satu operator tenar di dunia).


Mengapa kartu SIM? Alasannya simpel saja. Lebih gampang (dan murah) ganti SIM daripada ganti ponsel. Coba kalau harus beli ponsel baru ber-3G (apalagi sekaligus ber-WiFi) pasti jauh lebih mahal dibanding beli ponsel yang hanya ber-GPRS.

Meski punya ponsel mahal berkonektivitas super lengkap pun, toh tak jarang kita hanya dapat kecepatan GPRS ketika browsing. Sementara itu, tak di semua tempat ada hotspot (apalagi yang gratis). Andai SIMFi ini sudah dipakai secara luas, bisa jadi cara mengakses internet dari perangkat mobile banyak berubah. Coba ingat bagaimana cara kita berinternet. Sebagai pemakai ponsel, umumnya kita pakai akses internet GPRS sampai 3,5G dari jaringan operator. Bila di ponsel ada fasilitas WiF-nya, barulah kita punya alternatif akses internet WLAN dari hotspot WiFi.

Kalau kita sekaligus pemakai laptop, pasti sering pula menjadikan ponsel sebagai modem, meski di notebook atau netbook itu mungkin sudah ada modem (LAN maupun WLAN). Ketika mengakses internet via jaringan operator, kartu SIM bertugas mengotentikasi ponsel kita ke jaringan operator.

Nah, bayangkan kalau WiFi terintegrasi dalam SIM. Modem/router WLAN dalam kartu SIM, dibantu applet toolkit SIM, memungkinkan kita mengakses broadcast internet High Speed Packet Access (HSPA) operator lewat WiFi.

Sederhananya, SIMFi mengubah ponsel kita menjadi hotspot WiFi yang bisa diakses oleh laptop maupun perangkat nirkabel lain di dekatnya. Dan tentu saja kita bisa nikmati akses internet kecepatan tinggi secara langsung di ponsel. Dan luar biasa, karena bentuknya tetap sama dengan kartu SIM biasa, kartu SIMFi bisa dipasang di slot SIM yang sudah ada. Jadi kita tak perlu ganti ponsel. Keren kan?

Tentu saja masih ada berbagai pertanyaan yang meragukan konsep SIMFi. Mulai dari bagaimana kemampuan sirkuit WiFi yang hanya seukuran kartu SIM menangani kebutuhan koneksi nirkabel, sampai bagaimana kesiapan operator menyediakan spektrum WiFi. Namun paling tidak, konsep ini benar-benar merupakan terobosan menarik.

Sagem Orga dan Telefonica menjanjikan demonya pada ajang Mobile World Congress tahun ini. telefonica sendiri belum akan memakai SIMFi dalam waktu dekat. Jadi, kita masih harus menunggu agak lama sampai SIMFi dipakai secara luas oleh para operator, termasuk di Indonesia. Sabar yaaa..

Related Post:

3 Responses to SIMFi: Kartu SIM ber-WiFi

  1. Anonymous Says:
  2. Numpang lewat khu khu khu
    Hebat jg y lo bneran ad

     
  3. Anonymous Says:
  4. Huum, hebat bnget dah...
    Moga cepat terlaksana...
    Umpat jua

     
  5. Superveloce Says:
  6. Wew! Gw jg mau lah! Hp butut bisa wipi-an.. Mantap

     

Post a Comment

Daftar Isi